Kamis, 14 Agustus 2014

FORMULA MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA SETELAH LIBUR PANJANG

Libur panjang lebaran telah usai dan saatnya kini kembali pada rutinitas sehari-hari, tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar di Sekolah. Setelah libur panjang, biasanya diperlukan adaptasi bagi tubuh baik secara fisik maupun psikis untuk menghadapi kembali berbagai rutinitas yang biasa dijalani. Salah satu permasalahan yang sering terjadi setelah libur panjang adalah menurunnya semangat untuk kembali pada rutinitas, hal tersebut terjadi hampir pada semua kalangan termasuk pada para siswa, para siswa biasanya mengalami penurunan semangat untuk kembali belajar di Sekolah. Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlangsung lama, guru sebagai fasilitator siswa di Sekolah harus memiliki formula untuk mengembalikan semangat belajar siswa setelah libur panjang. Adapun formula yang harus dimiliki oleh guru untu mengembalikan semangat belajar siswa adalah sebagai berikut :

Pancarkan Semagat dari Guru
            Semangat merupakan bentuk ekspresi perasaan yang bisa timbul akibat adanya stimulus baik dari luar maupun dari dalam diri, rasa semangat ini memiliki sifat menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Untuk mengembalikan semangat belajar siswa, maka formula pertama yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan membangun dan memancarkan semangat ketika berada di Kelas. Guru yang mampu memancarkan semangatnya akan membantu siswa untuk mengembalikan semangat belajarnya. Semantara guru yang tidak mampu memancarkan semangatnya akan membuat siswa merasa jenuh dan memungkinkan semangat belajar siswa semakin menurun. Rasa semangat bisa dipancarkan oleh guru melalui penampilan yang ceria dan bersahabat, pancaran semangat dari guru ini diharapkan akan membentuk suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, jika suasana nyaman dan menyenangkan sudah terbentuk maka guru akan mudah mengajak siswa ketika akan memulai kembali belajar mengenai konten pelajaran.

Mulailah Pembelajaran dengan Konten yang Ringan dan Menarik
            Setelah terbentuk suasana kelas yang nyaman dan menyenagkan, maka formula selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru adalah memulai pembelajaran dengan konten yang ringan dan menarik. Pemberian konten yang ringan dan menarik pada awal pembelajaran setelah libur panjang akan membantu siswa mengkondisikan kembali pikirannya sehingga proses adaptasi untuk kembali pada rutinitas kegiatan belajar di Kelas dapat berjalan dengan cepat. Konten yang ringan akan menghindarkan siswa dari perasaan kaget secara psikologis setelah libur panjang dan konten yang menarik akan membuat siswa semakin bersemangat ketika mempelajari materi yang akan diajarkan. Konten yang ringan dan menarik dapat disajikan oleh guru dengan cara mengajak siswa mengingat kembali  materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya dan mengkaitkan materi yang dipelajari dengan fenomena dan pristiwa yang terjadi atau dialami siswa selama libur panjang. Kegiatan mengkaitkan materi pelajaran dengan pristiwa yang terjadi selama liburan dapat membuat siswa semakin tertarik mempelajari konten materi yang sedang dipelajari.

            Demikianlah dua formula yang harus dimiliki oleh guru untuk mengembalikan semangat belajar siswa setelah libur panjang, semangat belajar siswa harus senantiasa dijaga agar proses pembelajaran bisa berlangsung dengan baik. Guru sebagai bagian dari pelaku proses pembelajaran selain bertindak sebagai educator, guru juga harus memiliki jiwa motivator yang mampu membangun dan memancarkan semangat untuk para siswanya. Jika seorang guru menguasai materi dan memiliki kemampuan mengemas materi dengan baik yang disertai dengan kemampuan memotivasi siswa selama proses pembelajaran maka diharapkan akan terbentuk proses pembelajaran yang produktif secara keilmuan, nyaman dan menyenangkan serta efektif dalam pembentukan sikap dan karakter siswa.

@superlatif

1 komentar:

  1. (KISAH SUKSES)sasmita; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau) Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk TAUCHID DJATIKO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.TUCHID DJATMIKO SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs TUCHID DJATMIKO Tlp; 0822-9225-2244 Siapa tau beliau mau bantu.

    BalasHapus