Kamis, 29 Juli 2010

Hikmah Perubahan Wujud Zat

“Energi diperlukan untuk merubah wujud suatu zat menjadi wujud zat yang lain,energi ini diperlukan sampai batas tertentu hingga suatu keadaan tidak lagi membutuhkan energi tetapi malah meneluarkan energi”

Banyak orang memimpikan perubahan kearah yang lebih baik dalam hidupnya, tak kenal umur semua tingkatan usia ingin hidupanya berubah lebih baik,dari sengsara ingin jadi kaya, dari tak punya ingin menjadi punya,dari biasa-biasa ingin menjadi luar biasa dan yang lainnya. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara dia merubah hidupnya, akibatnya banyak orang yang ingin berubah tapi dia tidak mau melakukan proses perubahan tersebut dan tidak mau melakukan pengorbana untuk perubahan tersebut. Intinya banyak orang yang ingin serba instan, padahal dalam segala hal perlu proses dan butuh pengorgbanan.

Coba perhatikan perubahan wujud zat, misalnya es menjadi cair atau sebaliknya, ternyata untuk merubah wujud es menjadi cair itu, tidak begitu saja terjadi seperti apa yang kita lihat dikeseharian. Tetapi jika ditinjau secara mikroskopis, untuk melakukan perubahan tersebut,ternyata memerlukan proses yang lumayan rumit dan memerlukan energi. Dalam artikel ini tidak akan dibahas tinjaun secara kimianya dalam proses perubahan tersebut, tetapi akan mencoba menggali lebih dalam pesan tersirat dari perubahan wujud zat tersebut..maka lihatlah setiap fenomana kehidupan dengan mata hati, jangan hanya dilihat dengan mata biasa.

Belajar dari perubahan wujud zat, ada beberapa hal yang harus diperlukan jika seseorang ingin melakukan perubahan dalam hidupnya, terutama dalam hal energi. Jika sebongkah es saja butuh energi untuk melakukan perubahan wujud menjadi cair, apalagi sosok manusia, pastilah butuh energi umtuk melakukan perubahan dalam hidupnya..Adapun energi yang diperlukan oleh manusia jika ingin melakukan perubahan dalam hidupnya adalah sebagai berikut :

1. Energi Ruhiyah ( Ruhiyah power)

Sadar tidak sadar, ruhiyah merupakan energi terbesar yang dimiliki oleh manusia, tapi banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut sehingga potensi dari energi ruhiyah ini kurang teroptimalkan, padahal jika energi ini teroptimalkan dengan baik, maka kekuatannya akan mengalahkan bentuk energi apapun. Oleh karena itu, jika ingin melakukan perubahan dalam hidup, maka yang pertama harus dilakukan adalah mengoptimalkan kerja energi ruhiyah dengan mulai membangun tentara-tentara hati yang akan melakukan dan membantu proes perubahan dalam hidup. Mulailah bangun azam yang kuat. jiwa yang giat dan beremngat dan terpenting untuk mengoptimalkan kerja energi ruhiyah ini adalah membangun hubungan yang baik dengan sang pencipta, tingktkan intensitas tilawah, tingkatkan kualitas shalat dan umumnya tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kepada Allah.

2. Energi Ikhtiar ( Action power)

Perubahan hidup tidak akan terjadi tanpa aksi yang nyata, keinginan berubah yang kuat hanya akan menjadi sekedar angan-angan saja tanpa adanya tindakan konkret. Oleh karena itu butuh energi lain untuk membantu melakukan perubahan tersebut, energi yang diperlukan tersebut adalah energi ikhtiar atau kekuatan aksi..Energi ikhtiar ini merupakan usaha konkret yang harus dilakukan untuk mencapai perubahan yang diinginkan, energi ikhtiar ini tercermin dari tindakan-tindakan yang kita lakukan. Misal ingin merubah diri menjadi orang kaya, maka jangan hanya kemauan menjadi kaya saja yang dikedepankan tapi bekerja keras dan giat adalah salah satu usaha konkret untuk menjadi kaya. Intinya keinginan yang kuat akan terlaksan jika kita mau melakukan aksi,,ambil tindakan setiap harinya untuk melakukan rangkaian perubahan hidup..TAKE ACTION!!

3. Energi tawakal

Energi tawakal merupakan batas energi yang diperlukan manusia untuk melakukan perubahan hidup, jika semua rangkaian proses perubahan sudah dilalui maka energi tawakal ini merupakan energi yang akan menuntun manusia menjadi pribadi yang berjiwa sabar dan lapang dada untuk menerima semua perubahan hidup, energi tawakal ini membawa manusia pada penyerahan diri kepada sang pencipta atas semua usaha-usaha yang telah dia lakukan demi mencapai sebuah perubahan hidup

Setidaknya itulah energi-energi yang diperlukan oleh seseorang jika ingin melakukan perubahan hidup., namun sebagaimana dalam perubahan wujud zat bahwa energi itu tidak hanya diperlukan tapi ada sampai batas tertentu sehingga energi tersebut ada yang akan dikeluarkan...Energi yang harus dikeluarkan dalam proses perubahan hidup manusia salah satunya adalah energi ikhlas, keinginan yang kuat, kerja yang giat dan cermat serta tawakal yang tepat semuanya perlu dilandasi keikhlasan.

SALAM SEMANGAT UNTUK YANG SETIAP HARINYA MERINDUKAN PERUBAHAN DALAM HIDUPNYA,SINERGIKAN ENERGI, POTENSI DAN AKSI UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN TERSEBUT.

Dan ingatlah Rasulullah berabda :

“orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin”

Hadist ini memotivasi manusia agar senantiasa melakukan perubahan dalam kehidupannya, tentunya perubahan kearah yang lebih baik. Insyaallah….

Wallahu a’lam bissoab

Semoga tidak miskonsepsi

Terinspirasi saat perkuliahan Pembelajaran Kimia SMP


1 komentar: