Rabu, 15 Januari 2014

ASET BERHARGA BANGSA UNTUK MASA DEPAN GEMILANG : GURU MUDA IDEALIS



     Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu masa depan suatu bangsa. Melalui pendidikan yang berkualitas, harkat dan martabat suatu bangsa bisa terangkat. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, diperlukan kerja keras dari semua elemen, guru merupakan salah satu elemen penting yang menjadi tulang punggung kesuksesan sistem pendidikan. Dari sekian banyak kelompok guru, guru muda merupakan guru yang identik dengan komitmen dan idealis yang masih tinggi. Hal tersebut dikarenakan para guru muda memiliki idealisme mahasiswa yang masih melekat kuat dalam jiwa raganya, idealisme sewaktu mahasiswa akan menjadi pondasi dasar untuk membangun idealisme lain di luar kampus dalam bingkai status sosial yang berbeda, dalam hal ini para guru muda berperan sebagai seorang guru yang bersosialisasi dan berinteraksi pada lingkungan sekolah.
     Guru muda yang idealis memiliki tingkat kedisiplinan dan ketegasan yang relatif tinggi, biasanya mereka memiliki keberanian untuk memberantas secara tuntas praktek-praktek pendidikan yang tidak mendidik seperti mencontek saat berlangsungnya ujian atau praktek membocorkan jawaban ujian kepada teman yang lainnya. Praktek-praktek seperti itu menjadi sasaran utama yang akan diberantas dan dihilangkan oleh guru muda dari jiwa para siswa. Idealisme guru muda pun akan terlihat dari tuntutan proses mengajar yang dilakukan di kelas, tahapan demi tahapan proses pembelajaran akan dilakukan secara utuh dan diarahakan pada terwujudnya tujuan utama pendidikan yaitu kecerdasan dan karakter.
     Guru muda yang idealis memiliki orientasi pemikiran bahwa tugas guru itu tidak hanya sekedar mentransfer ilmu dan pengetahuan kepada siswa, lebih dari itu pemikiran idealisme guru muda mengarahkan pada tiga kewajiban seorang guru, yakni mendidik, mengajar dan membimbing. Dalam peran mendidik, guru muda yang idealis akan berusaha sekuat tenaga membingkai proses pembelajaran sehinga mampu mengarahkan pada terwujudnya generasi muda yang kuat secara karakter dan keilmuan. Mereka mengemas proses pembelajaran di kelas dengan memberikan penguatan soft skill- soft skill pada diri siswa sehingga para siswa memiliki bekal yang kuat dan memadai untuk menghadapi tantangan fisik dan psikis di masa yang akan datang.
       Dalam kewajiban mengajar, guru muda yang idealis tidak akan langsung memberikan dan mentransfer ilmu kepada para siswanya. Mereka akan memberikan kesempata kepada siswanya untuk melatih dan mengasah pemikirannya tentang materi yang sedang diajarkan. Proses tersebut dimaksudkan untuk membiasakan para siswa untuk berpikir secara jernih dan mendalam tentang sesuatu yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Selain itu, guru muda yang idealis akan mengkaitkan materi yang diajarkan di kelas dengan konteks kehidupan nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan para siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan di masyarakat melalui pembekalan keilmuan yang mendalam. Pembekalan keilmuan yang mendalam ini diharapkan mampu mencetak generasi muda yang menjadi agen perubah dan pemberi solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.
       Selain mendidk dan mengajar, satu tugas utama sebagai seorang guru yang dilakukan oleh guru muda adalah membimbing. Dalam proses pembelajaran, para guru muda membimbing para siswanya supaya menjadi generasi yang memiliki idealisme yang sama seperti hal nya idealisme yang dimiliki para guru muda. Salah satu arah bimbingannya adalah mengarahkan supaya siswa berani menyatakan salah untuk sesuatu yang salah dan menyatakan benar untuk sesuatu yang benar. Sikap tegas seperti ini perlu dibina dan dibimbing sehingga generasi muda yang akan datang memiliki kesiapan secara mental dalam menghadapi tantangan arus zaman yang semakin deras.
     Itulah potret guru muda idealis yang menjadi idaman dan harapan bagi majunya pendidikan di Indonesia, yang terpenting dari semuanya adalah kesadaran dan tanggung jawab akan pentingnya membekali para siswa dengan keilmuan yang mendalam, karakter yang hebat dan mulia serta kecakapan untuk menghadapi tantangan hidup di masa mendatang. Guru muda idealis jangan sampai hanya angan-angan, tapi wujudkan lah sosok guru muda idealis yang hebat untuk terciptanya Indonesia yang bermartabat melalui pendidikan yang kuat.

1 komentar: